I’M NOT LONELY, I’M ALONE

Anne Hathaway di film One Day

Anne Hathaway di film One Day

“I’m not lonely, I’m alone” adalah salah satu dialog yang paling saya ingat di film One Day. Pada saat dialog itu, pemeran wanita, Emma (Anne Hathaway) berpenampilan cantik sekali dan keren, sampai-sampai si tokoh pria, Dexter (Jim Sturgess) terkesima melihatnya. Menurut saya, kutipan itu keren sekali. Seakan-akan, sendiri adalah suatu pilihan dan itu bukan pilihan yang menyedihkan.

Dipikir-dipikir seperti itulah saya dulu. Saya senang sendirian, senang mengerjakan sesuatu sendirian, senang bepergian sendirian, just me, myself & I. Mungkin waktu itu, saya belum merasakan susahnya hidup sendiri. Saya selalu tau, biarpun saya sendirian, ada keluarga di rumah yang selalu menunggu saya, ada teman yang selalu menanyakan kabar saya, ada kegiatan yang selalu menyibukkan saya. Ya, saya sendiri tapi tidak kesepian.

lonelyTapi hal itu berubah ketika saya menginjak usia dewasa. Ternyata kelamaan sendirian itu cukup menyebalkan. Alone is really sucks! Pantas saja banyak orang yang memutuskan menikah muda, banyak orang yang memilih hidup bersama karena sendirian di dunia ini sungguh mengerikan. Now, definitely I will say to Emma, “I’m lonely because I’m alone, you’re totally wrong, Emm!”. Sewaktu pertama kali merantau ke Surabaya, teman satu kost2an saya bercerita, bahwa hidup sendiri itu membuat dia sedih, kadang-kadang tanpa sebab dia menangis sendirian di kamar kostan. Giii..It’s freak in’ me out. Setelah itu, saya memutuskan saya tidak boleh sendiri. Beberapa kali nge-kost saya pasti mencari teman sekamar. Mulai berusaha berteman dengan banyak orang, bergaul dengan berbagai jenis orang.

loveAkan tetapi sifat solitaire saya tetap masih melekat. Saya tetap senang pergi sendirian atau melakukan hal-hal yang menyenangkan sendirian tapi tentu saja dengan frekuensi yang sudah jauh berkurang dibandingkan dulu. Akan tetapi, lain halnya dengan komitmen. Saya termasuk orang yang takut berkomitmen dari dulu. Awalnya saya kira mungkin ini gara2 saya berasal dari keluarga yang kaku dan aneh. Tapi setelah dipikir2 lagi, mungkin karena saya terlalu asyik sendirian. Saya termasuk orang yang tangguh dalam melakukan berbagai hal sehingga membuat saya tidak peka terhadap sinyal komitmen. Mungkin itu jugalah yang membuat banyak orang tidak percaya kalau saya sudah mulai merasa kesepian. Sekarang saya berusaha lebih terbuka, memang paling susah itu membuka mata, hati, pikiran secara bersamaan. Tapi seperti yang saya bilang tadi, saya cukup tangguh dalam menghadapi apa pun, jadi saya akan berusaha kerassss!!!

Leave a Reply

