IKHLAS = LET IT GO

keep calm n stay ikhlasSetelah saya dewasa, saya baru benar-benar menyadari bahwa perkataan itu mudah diucapkan tapi perbuatan itu sangat sulit dilakukan. Contohnya kata “Ikhlas”, sering banget kan kita denger kalimat “udah siiih..ikhlasin ajaaa”, mudah sekali diucapkan tapi ternyata untuk melakukan ikhlas luar biasa sulit. Terutama ketika kita sudah dewasa, dimana semakin besar ekspektasi kita tetapi semakin pahit realita yang kita terima.

Akhir-akhir ini, saya sering merasa kesulitan untuk mengikhlaskan sesuatu. Mungkin karena saya terlalu keras kepala atau saya yang terlalu sombong yaaa..sehingga untuk ikhlas itu harus benar2 diluruskan niatnya. Terlebih lagi di masalah pekerjaan. Kadang saya merasa begitu keras bekerja, tapi saya merasa hasil yang saya terima sungguh tidak sebanding dengan usaha yang saya keluarkan. Terkadang saya sering membandingkan dengan orang lain sehingga timbullah rasa iri.

Kalau dipikir2, dulu saya tidak pernah bermasalah dengan masalah penyakit hati seperti ini. Tapi kok ya pas semakin bertambah umur, malah gampang sekali kena penyakit hati. Lalu bagaimana caranya supaya bisa ikhlas ? Selain harus rajin beristigfar, saya menemukan cara tambahan, yaitu belajar melepaskan apapun yang telah terjadi. Letting every past goes away. Sepertinya itu cara efektif untuk mudah berikhlas. Melepaskan dan kalau bisa melupakan semua yang sudah kita lakukan dan lalui, membuat kita tidak membandingkan hal2 yang lalu dengan hal2 yang sekarang sehingga kita akan selalu merasa bersyukur dengan apa yang ada yang pada akhirnya kita akan mengikhlaskan bagaimanapun hasilnya. Skenario Allah SWT lebih hebat dari nalar kita, makanya semua yang terjadi adalah yang terbaik untuk kita sendiri. Ayooo mulai ikhlas yaaa…#selfreminding

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s