A FASCINATING JAPAN DAY 4 : MOUNT FUJI

DAY 4 : KAWAGUCHIKO & TOKYO TOWER

Berhubung terjadi perubahan itinerary beberapa hari sebelum ke Jepang, kami harus membooking hostel tambahan karena Anne Hostel full booked untuk weekend. Terpaksalah kami menginap di hotel kecil di sekitaran Ueno, namanya Hotel My Stay. Ternyata hotel ini ada beberapa cabang di lokasi Ueno, sehingga kami sempat tersasar +_+. Hotel kecil di Jepang bener2 sempit baik dari ukuran tempat tidur dan kamar mandi. Hal ini mengingatkan saya pada typical hostel2 di Hong Kong.  Umumnya hotel kecil di Jepang tidak menyediakan sarapan. Untuk sanitary kit, teh, kopi semuanya tersedia di resepsionis. Jadi dengan kata lain kita harus mengambil sesuai keperluan sebelum masuk kamar.

hotel mystay ueno

Kamar hotel My Stay yang super sempit..gambar cukup menipu +_+

Setelah lelah menggeret2 koper, kami melanjutkan perjalanan ke Kawaguchiko. Bepergian ke Kawaguchiko sebenarnya lebih praktis menggunakan bus karena tidak perlu turun naik ganti transportasi. Berbagai macam highway bus menuju Kawaguchiko tersedia, terutama di stasiun besar seperti Stasiun Shinjuku. Akan tetapi, jika kalian bepergian pada hari weekend umumnya bus menuju Kawaguchiko sudah full booked, apalagi kalau kita tidak memesan di hari sebelumnya. Jadi naik bus dengan cara go show di hari weekend sangat tidak disarankan yaaa..

Akhirnya, kami memutuskan menggunakan kereta limited express train JR Chuo Line dari Shinjuku Station, berhenti di Otsuki Station, lalu naik Fujikyu Railway ke Kawaguchiko Station. Total waktu tempuh menuju Kawaguchiko Station adalah 2 jam. Durasi yang hampir sama kalau menggunakan bus tanpa perlu ganti2 transportasi.

train to fuji

Mount Fuji terlihat dari jendela kereta 🙂

Setibanya di Kawaguchiko Station, kita bisa membeli Unlimited Pass untuk 2 hari dengan menggunakan Retro Bus. Alhamdulillah cuaca di Kawaguchiko Lake cerah ceria, sehingga kami bisa bebas berfoto ria dengan latar belakang Fujisan J Sebagai informasi, Mount Fuji dikelilingi oleh lima danau, yaitu Kawaguchiko, Saiko, Yamanakako, Shojiko dan Motosuko. Danau yang paling terkenal dan paling mudah dijangkau adalah Kawaguchiko. Retro Bus melewati beberapa halte, kami memutuskan berhenti di halte terakhir dimana di situ terlihat Mount Fuji, danau, beserta taman bunga. Pada halte ini kita bisa ngopi2 cantik sambil menikmati Mount Fuji. Tips dari saya, sebaiknya jangan berlama2 di halte terakhir, karena dari halte ini jarak Mount Fuji lumayan jauh, sehingga jika difoto tidak terlalu besar. Kalau masih ada waktu, sebaiknya kelilingi lagi Kawaguchiko Lake dengan retro bus, jika menemukan angle yang bagus untuk foto, langsung turun saja, karena antrian untuk naik retro bus di hari weekend cukup panjang. Lagipula, cuaca bulan Oktober cukup sejuk, jadi lumayan enak untuk dipakai berjalan kaki. Adapun pemandangan pada saat kami ke sana sangat cantik, dedauanan sudah sedikit memerah sehingga suasana musim gugur mulai terasa J

mount fuji & me

OMG..bener2 di Jepang ini mah 🙂

Setelah mengunjungi Kawaguchiko, kami sempat naik limited express lagi dari Otsuki tapi sayang kami tidak mendapatkan tempat duduk, jadi terpaksa kami berdiri di kereta selama 100 menit..hehehehe pegel kaki deeeh..Udah tau pegel, tapi ketika melewati Tokyo Station, kami dengan santainya turun dan berjalan lagi menuju Tokyo Tower. Waktu itu sudah sekitar jam 9 malam. Kami sempat mampir makan Udon ketika menuju Tokyo Tower. Sampai di Tokyo Tower sekitar jam 10an. Kami hanya duduk2 sambil memandang tower. Karena sudah kelelahan, kami tidak naik ke main observatory. Selain menawarkan pemandangan Tokyo dari ketinggian ratusan meter, Tokyo Tower juga menawarkan pengalaman One Piece. Iya, One Piece itu, manga yang lagi happening di Jepang. Bagi penggila One Piece mungkin lokasi ini wajib dikunjungi, ada toko souvenir, restoran, café hingga indoor amusement park yang mengangkat tema One Piece.