A FASCINATING JAPAN DAY 7 : KYOTO

DAY 7 : KYOTO : HIGASHIYAMA & ARASHIYAMA

Di Kyoto kami menginap di Guest House Ga-Jyun di Higashiyama. Guest House ini kecil tapi tempatnya sangat strategis dan sarapannya sangat berlimpah. Guest House ini dekat dengan Higashiyama Station, dekat dengan Kiyomizudera, Heian Shrine, dan Chionin Temple.

Sebenarnya Kyoto paling cantik dikunjungi di bulan November akhir, karena pada saat itu foliage sedang pada puncak2nya. Walaupun begitu, bulan Oktober masih tetap cantik kok daun di daerah Arashiyama dan Higashiyama sudah memerah. Kyoto memang terkenal dengan berbagai temple dan shrine nya yang cantik. Bisa dibilang, jika kita ingin merasakan Jepang tempo dulu maka Kyoto adalah tempat yang cocok J Tapi berhubung Kyoto ini adalah destinasi wajib setiap turis, maka bisa dipastikan Kyoto penuuuuh sekali dengan turis asing, apalagi di bulan Oktober, tidak hanya turis asing, turis Jepang pun datang mengunjungi temple dan shrine di Kyoto. Oh iya, selama di Kyoto sebaiknya kita menggunakan transportasi bus. Khusus untuk turis, pemerintah Kyoto menyediakan one day free unlimited tiket seharga JYP 500. Cukup murah dan menyenangkan J Sebagai informasi, untuk naik bus di Jepang, umumnya kita naik di pintu depan dan turun di pintu tengah.

Pertama kali ke Kyoto, kami langsung berinisiatif ke Arashiyama, karena letaknya cukup jauh dari Geust House. Which is ini adalah keputusan yang salah. Tips dari saya adalah, sebaiknya tujuan pertama untuk berwisata, pilihlah tempat terdekat dulu agar bisa lebih menikmati destinasi dan tidak capek di jalan.

Kami tiba di Arashiyama jam 4 sore, dimana langit sudah mulai gelap. Kami sempat mengunjungi Togetsukyo Bridge, salah satu iconic landmark di Arashiyama.  Bridge membelah Oi River, cocok untuk tempat kongkow pada saat cherry blossom dan foliage sambil makan green tea ice cream. Tapi tentu saja, kalau kalian datang jam 4 sore, tidak terlalu bagus untuk foto2 di sana L

Togetsukyo bridge

Togetsukyo Bridge menjelang jam 5 sore

Setelah puas melihat Togetsukyo Bridge, kami beranjak ke Bamboo Groves. Sebenarnya tempatnya biasa banget bahkan mirip seperti di Taman Hutan Raya Juanda Bandung. Cuma karena bambunya disusun rapi dan angle foto umumnya ekstrem sehingga gambar Bamboo Groves umumnya bagus banget J

DCIM101GOPROGOPR3988.

Bamboo Groove sebaiknya difoto dengan ekstrem dari bawah dan kalo bisa pake fish eye

Setelah itu, kami mengunjungi Tenryuji Temple yang termasuk top 5 Kuil Zen  di Kyoto dan termasuk UNESCO World Herritage. Selain bangunan bersejarahnya, taman Tenryuji juga sangat terkenal keindahannya. Taman tersebut didesain oleh Muso Soseki, seorang desainer taman terkenal di Jepang. Karena hari sudah makin malam, sayang foto2 saya di Tenryuji Temple kurang bagus dan banyak kompleks taman yang sudah ditutup 😦

Pada malam harinya, saya mengunjungi Kyoto Station. Kyoto Station memiliki desain futuristic dan tepat berada di depan Kyoto Tower. Tempat yang cocok untuk kongkow2 sambil melihat kesibukan Kyoto di malam hari. Sekitar jam 9 malam, kalian bisa melihat pertunjukan Aqua Fantasy, air mancur menari. Lumayan menghibur ketika kita sedang iseng kongkow di tepian Kyoto Station.

kyoto station

Desain Kyoto Station yang futuristik

Pada malam itu, teman saya berinisiatif mengunjungi Gion. Gion adalah wilayah hiburan di Kyoto dimana wanita-wanita penghibur Geisha dan Maika beroperasi di sini. Saya pribadi kurang suka ke red light district seperti ini. Jadi saya tidak pergi ke sana. Saran saya, jika kalian ingin ke Gion, jangan menjadi paparazzi para Geisha dan Maika yaaa..kasihan, mereka tidak suka difoto seperti itu. Kalau kalian ingin melihat Geisha dan Maika ini, ya sekalian saja masuk ke ochaya (tea house). Umumnya para Geisha dan Maika ini menghibur tamu-tamu di ochaya dan tentu saja biaya dihibur mereka pasti mahal J Intinya adalah walaupun kita turis, kita tetap harus menghormati warga lokal dengan berbagai profesinya.