A FASCINATING JAPAN DAY 9 : KAWASAKI

DAY 9 : KANAGAWA : KAWASAKI

Setelah Kyoto, maka kami harus kembali ke Tokyo untuk persiapan pulang. Rencananya kami akan menginap di daerah Narita karena pesawat kami berangkat pagi di keesokan harinya. Kami tiba di Shinjuku Station sekitar jam 2 siang. Saya dan teman saya berpisah karena saya ingin sekali mengunjungi museum Fujiko F Fujio (museum Doraemon) sedangkan teman saya ingin makan sushi lagi di Tsukiji Market. Untuk bisa mengunjungi museum Fujiko F Fujio kita harus membeli tiket di vending machine di jaringan toko Lawson. Berhubung bahasa di vending machine didominasi oleh bahasa Jepang, jadi sebaiknya sewaktu membeli, mintalah bantuan pelayan d Lawson untuk memesan. Oh iya, pemesanan tiket bisa dilakukan maksimal H-1 yaa..jadi tidak bisa go show dan jam masuk hanya tertentu, yaitu jam 10:00, 12:00, 14:00 dan 16:00, di luar jam tersebut, turis tidak bisa masuk ke dalam museum.

Museum Fujiko F Fujio terletak di Kawasaki City, bisa dibilang kota ini terletak di pinggiran kota Tokyo. Cara menuju ke sana dapat menggunakan Odakyu Line dari Shinjuku lalu berhenti di stasiun Noborito. Dari stasiun Noborito kita dapat menggunakan bis shuttle menuju Museum Fujiko F Fujio. Bis shuttle mudah dikenali kok bisnya bergambar Doraemon dan seluruh handle dan kursi bergambar Doraemon juga J. Berhubung ketika saya sampai, bis shuttle sudah berangkat, saya memutuskan untuk naik taksi. Oh iya, ada beberapa aturan pada saat naik taksi di Jepang : 1. Kita tidak perlu membuka dan menutup pintu taksi karena pintu otomatis dibuka oleh supir, 2. Supir tidak akan mau mengangkat koper2 kita ke bagasi, jadi self service yaaa, 3. Argo taksi Jepang cukup mahal, jadi sebaiknya naik taksi jika kalian tidak sendirian biar bisa sharing.

Sesampainya ke Museum Fujiko F Fujio, saya ternganga kagum banget. Karena walaupun ini museum gambar kartun, tapi ditata formal sekali. Memang sih ada area bermain dan selfie tapi itu dibuat terpisah dari area pameran gambar kartun hasil karya Fujiko. Oh iya, kita bisa mendengarkan seluruh penjelasan mengenai karya Fujiko melalui tape bahasa Inggris. Saya baru tahu bahwa penulis Doraemon ini adalah seorang professor dimana dia sangat serius memikirkan cerita-cerita Doraemon. Profesor Fujiko sangat menyukai science. Seluruh cerita Doraemon baik mengenai teknologi masa depan maupun ketika pra sejarah semuanya berdasarkan fakta ilmiah yang dikumpulkan Profesor Fujiko.  Oh iya, selama di ruang pamer karya Profesor Fujiko, kita tidak boleh memotret. Jadi tidak ada acara selfie di sini yaaaa..

doraemon

Say helo to Doraemooooon 🙂

Kita bisa puas foto2 di area bermain, perpustakaan dan taman museum. Di taman itu ada pintu legendaris. Ya! Pintu Kemana Saja..saya langsung foto pintu itu hehehehe soalnya berharap punya biar kalo mo traveling ga usah pake ongkos pesawat huehehhehehe. Selain berfoto2 ria, kita juga bisa menonton film pendek Doraemon dimana tidak diputar di televisi atau bahkan kalo beruntung kita bisa nonton potongan film Doraemon yang akan tayang di bioskop. Oh iya, untuk menonton film Doraemon ini ada jadwalnya. Telat sedikit harus menunggu antrian berikutnya.

pintu kemana saja

The legend of Pintu Kemana Saja

Setelah puas berkeliling di museum, saya memutuskan langsung pulang ke stasiun Noborito menggunakan shuttle bus museum karena hari sudah sangat malam. Sepanjang perjalanan, saya perhatikan Doraemon ini sudah menjadi icon Kawasaki City. Bahkan gambar2 Doraemon banyak dipajang di area2 publik. Sesampainya di Stasiun Noborito saya mendapatkan kereta yang penuh sesak. Mirip kayak di Jakarta hehehehe. Maklum pada saat itu jam pulang kantor, akibatnya penuh sesak dan kereta banyak berhenti di stasiun kecil jadi lama deh. Pelajaran terakhir di Jepang, kalo mau naik kereta jangan pas pergi atau pulang kantor yaaa J