KOREAN MADNESS (Seoul Part 4)

Wisata Alam

  1. Nami Island
nami-island-6

Nami Islan yang terkenal dengan Winter Sonata

Nami Island adalah tempat  favorit saya di Korea. Pulau kecil yang cuma ditempuh 10 menit dengan kapal ferry ini sungguh unik dan artistik. Pulau cantik ini adalah hasil dari penanaman pohon oleh Mr Minn, seorang pengusaha Korea, yang cinta lingkungan. Dia melakukan penghijauan dan menyulap pulau ini menjadi tempat wisata alam yang diberi nama Naminara Republic.

Spot yang paling saya suka adalah walking pathnya dimana terdapat deretan pohon Metasequoia, pohon Ginko, pohon Cherry dan pohon Pinus Korea di sepanjang jalan. Bagus sekali untuk difoto. Kita bisa mengitari Nami Island dengan bersepeda atau cukup berjalan kaki saja seperti kami.

SAMSUNG CSC

Salah satu walking path di Nami Island

Nami Island ini terkenal semenjak drama korea Winter Sonata. Sampai-sampai di pulau ini ada patung Bae Yong Joon dan Choi Jiwoo sebagai pemeran utama drama tersebut. Kita pun bisa menemukan beberapa spot yang menjadi latar adegan Winter Sonata, hehehehe ada di petanya loooh.

SAMSUNG CSC

Salah satu spot memorabilia Winter Sonata

Selain itu pula, Nami Island banyak bekerja sama dengan NGO untuk menyelenggarakan event2 sosial. Sewaktu kami ke sana, ada event buku anak dari UNICEF. Seluruh pulau didesain untuk mendukung event tersebut. Saya juga berkesempatan mengunjungi perpustakaan anak di sana. Widiiiih keren banget daaah..seluruh dinding dipenuhi buku2..sampai toilet pun ada bukunya. Oh iya, di Nami Island ini juga tersedia praying room dan makanan halal buat yang Muslim. Alhamdulillah banget yaaaa J

nami-island-7

Petunjuk Musholla di Nami Island

Kalo saya ke Korea lagi, pengen deh menyempatkan waktu camping di sana. Soalnya pemandangannya asri banget bahkan kita bisa menemukan tupai berlarian >.<

2. Jade Garden

jade-garden

Jade Garden adalah salah satu spot yang digunakan oleh drama Korea “That Winter, The Wind Blows”. Karena pemeran utamanya adalah Jo In Sung dan Song Hye Kyo, ini adalah destinasi wajib bagi kami hehehehhe. Jade Garden Natural Arboretum adalah taman bunga yang memiliki tema Small Europe in The Forest. Koleksi bunga2an Eropa di sini cukup banyak. Gedung main entrance Jade Garden pun mengadopsi arsitektur Eropa dan menjadi spot rumah di drama korea “That Winter, The Wind Blows”.

SAMSUNG CSC

Disambut dengan poster That Winter, The Wind Blows

Begitu juga dengan rumah kacanya, banyak scene di drama Korea tersebut menggunakan spot ini. Dibutuhkan waktu kurang lebih 2 jam untuk mengeksplorasi taman tersebut. Sepanjang perjalanan, kami sering bertemu dengan para ahjuma dan ahjussi yang lincah sekali menyusuri daerah2 perbukitan Jade Garden. Hiking memang adalah olah raga favorit bagi warga Korea terutama bagi mereka yang sudah berusia lanjut. Badan boleh aja sudah bungkuk tapi jalannya duunk luar biasa cepat dan lincah dibandingkan kita yang muda2 J. Naah ini juga kenapa di Korea banyak sekali dijual perlengkapan2 outdoor, karena tua muda sukanya hiking. Sehat2 yaaa mereka.

jade-garden-3

Salah satu view di Jade Garden

3. Hangang River

banpo-bridge

Salah satu jembatan di Han River, Banpo Bridge

Hangang River adalah sungai yang membelah Seoul, sungai ini cukup panjang sehingga banyak sekali ditawarkan paket cruise melewati Hangang River. Yang paling asik dari sungai ini adalah banyaknya taman dan fasilitas umum yang bisa dinikmati oleh penduduk Seoul. Track jogging dan sepeda mudah ditemukan di sini. Pemerintah Korea memang sangat memperhatikan sungai dan pepohonan sehingga warganya banyak menikmati waktu senggangnya di pinggiran Hangang River. Sayangnya pas kita ke sana udara sangat dingin, hehehehe boro2 pengen jogging yang ada pengennya jajan. Akhirnya kita hanya duduk2 saja di pinggiran sungai sambil foto2. Di Hangang River juga terdapat Banpo Bridge, salah satu jembatan yang sering dijadikan spot film. Bahkan film The Avengers: The Age of Ultron mengambil setting di jembatan ini juga.

han-river-2

Jogging track di Han River

4. Cheonggyecheon Stream

stream-3

Salah satu artwork di Cheonggyecheon Stream

Cheonggyecheon Stream sebenarnya adalah sungai kecil yang mengalir di pusat kota Seoul dan bermuara di Sungai Han. Akan tetapi, bukan Korea namanya kalau sungai hanya menjadi sekedar “sungai”. Cheonggyecheon Stream yang dulunya hanya sungai terbengkalai berhasil direstorasi dan menghabiskan dana sekitar $ 900 juta sehingga menghasilkan objek wisata menarik dan tempat hang out bagi warga Seoul maupun turis. Saya benar2 takjub, kok bisa kali kecil ini bisa ditata rapi, diberi kursi2 dan bisa menjadi area pameran artwork…geleng2 kepala +_+ Cheonggyecheon Stream diklaim sebagai salah satu projek urban renewal dan beautification yang paling berhasil di Korea. Bagaimana tidak, lokasi sungai ini persis di tengah2 pusat bisnis Korea, jadi kalo kepala udah mumet kerja, para pegawai kantoran bisa nongkrong sebentar melihat aliran sungai jernih atau sekedar mencelupkan kaki di sungai terebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s